Home / Wisata / Makam Wangi Layak Jadi Destinasi Wisata di Pagerandong

Makam Wangi Layak Jadi Destinasi Wisata di Pagerandong

Pagerandong-Kaligondang. Makam Wangi merupakan salah satu Cagar budaya yang terletak di Desa Pagerandong Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga.

Berupa makam batu penuh dengan cerita mistis. Salah satu warga Desa Pagerandong mencerikakan “pada hari-hari tertentu, seperti malam Jum’at Kliwon, jalan menuju makam Wangi berbau Wangi, sesuai dengan namanya”

Sementara itu, mantan Sekretaris Desa Pagerandong, Juwono menuturkan “Makam Wangi terdiri dari dua makam.  Satu makam berisi seperangkat pakaian terdiri dari iket atau penutup kepala, baju dan celana komprang berwarna hitam, yang dipakai oleh Silih Wangi ketika melewati dan beristirahat di tempat ini.  Satu makam lagi merupakan Makam Syech Munding Wangi yang masih ada hubungannya dengan Syech Jambu Karang yang berada di Petilasan Ardhi Lawet Desa Panusupan Kecamatan Rembang“.

makam wangi 2

Keterangan Foto : Mantan Sekretaris Desa Pagerandong, Juwono, menjelaskan tentang Makam Wangi (Lokasi : Makam Wangi Desa Pagerandong Kecamatan Kaligondang)

Dengan dasar ceritera tersebut, dulu perangkat Desa Pagerandong setiap pasaran Kliwon akan menggunakan pakaian celana komprang hitam lengkap dengan iket, sebagai seragam pakaian Dinas, Ungkap Juwono

Lebih lanjut Juwono menyampaikan “Ditempat ini pengunjung tidak boleh mengambil gambar atau berfoto. Dulu pernah ada yang foto disini, Tetapi Setelah dilihat hasilnya bukan gambar orang yang difoto melainkan Sosok makhluk besar”.

Terlepas dari cerita mistis yang ada, tempat ini sangat Indah dan cocok dijadikan sebagai salah sagu destinasi Wisata baru di Kabupaten Purbalingga.

Dari tepi jalan, makam Wangi seperti hutan kecil dengan pohon-pohon yang lebat dan tinggi, ditengah area persawahan yang terlihat rapi.

makam wangi

Keterangan foto : Area persawahan menuju makam wangi.

Sedangkan kurang lebih 100 meter dari jalan di sisi makam Wangi, merupakan Daerah aliran sungai Gintung, dan diseberang merupakan Desa Kaliori Kecamatan Karanganyar yang sudah terlebih dahulu merintis kawasan Wisata Desa Kaliori.

Dari Kota Purbalingga menuju Makam Wangi kita bisa melalui Jalur dari Kantor Kecamatan Kaligondang ke arah Timur.  Di depan SMP 2 Kaligondang yang berada di Desa Selanegara, belok Kiri. Kemudian lurus terus melewati Desa Selanegara sampai di simpang tiga  Dusun Beji Desa Selakambang belok Kiri,lurus terus. Sampai di simpang tiga Desa Sidanegara Belok Kiri. Lurus terus sampai di simpang tiga lokasi TMMD Sengkuyung Tahap 2 Tahun 2017 belok kanan.

Jalan menuju Makam Wangi, saat ini Jum’at 14 Juli 2017 sedang dilakukan pengerasan jalan untuk selanjutnya dilalukan pengaspalan.

Jadi kedepan atau awal Agustus tahun ini, akses jalan menuju makam Wangi sudah terbuka dan mudah dilalui baik menggunakan kendaraan  roda dua maupun roda empat.  (*Ibar)

.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

menganti

Pantai Menganti yang Menenangkan Hati

Pantai Menganti berada di Desa Karangduwur Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Perjalanan menuju pantai …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *