Home / Berita / Panican Gagas BUMDES Agrowisata dan Kampung Usaha

Panican Gagas BUMDES Agrowisata dan Kampung Usaha

Panican-Kemangkon.   Pemerintah Desa (Pemdes)  Panican Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah menggagas pembentukan  Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)  yang akan mengelola rintisan Agrowisata dan Kampung Usaha Desa Panican.
Hal ini dibahas saat Sarasehan Perencanaan  Pembentukan Bumdes yang berlangsung hari Kamis kemarin (28/12) di Balai Desa Panican.

Peserta Sarasehan terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Kelompok Wanita Tani, Pemuda Tani, Kelompok Tani Ternak dan Kelompok Tani se Desa Panican serta para pelaku UKM di Desa Panican.

Pada kesempatan tersebut,  Fungsional     Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten  Purbalingga, Jarot Subroto, S.St menyampaikan “Dinas Pertanian sudah sejak lama menginginkan adanya agrowisata, namun karena keinginan itu dari Dinas, sehingga belum sesuai harapan. Baru kali ini ada yang muncul dari bawah keinginan itu, sehingga diharapkan akan berhasil sebagaimana masyarakat Desa Panican harapkan. Mewujudkan Desa Panican sebagai desa Agrowisata sekaligus Wisata Edukasi”

Untuk membangun desa wisata diperlukan 3 prinsip utama, yaitu kompak, cepat, dan pintar / ceras. Selain itu juga harus memiliki daya tarik sehingga orang akan berkunjung ke desa panican. Mengingst dari tahun ketahun jumlah wisatawan yang berkunjung ke Purbalingga selalu meningkat, kata Kabid Pariwisata Dinporapar Kabupaten  Purbalingga. Drs. Mulyanto.

Senada dengan yang disampaikan oleh Mulyanto,     salah satu narasumber  dari Dinkop UKM Kabupaten  Purbalingga   Basuki Rahmat, SP, mengatakan “Produk-produk desa panican harus tampil beda, dan memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan yang lain, harus punya kratifitas dan inovasi.”

Untuk merealisaskan rencana Pemdes Panican,  Dedi Kurniawan, S.STP, M.Si. selaku Kabid Sumberdaya dan Keswadayaan Dinpermasdes Kabupaten Purbalingga meminta agar Pemdes beserta masyarakat segera melaksanakan Musdes guna penyamaan konsep, visi dan misi, sehingga apa yang menjadi impian masyarakat Desa Panican beserta Pemerintah dapat terwujud.   (*)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri.
Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca.
Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Bantu Disabilitas Dengan Gerakan Satu Langkah Sejuta Makna

Berawal dari rasa prihatin terhadap kejadian dan musibah yang kerap dialami oleh para penderes yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *