Home / Wisata / Pantai Sadranan Gunung Kidul

Pantai Sadranan Gunung Kidul

Pantai Sadranan berada di Dukuh Pule Desa Sidoharjo Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul. Merupakan salah satu dari pantai Selatan Gunung Kidul. Berada berderet dengan pantai Sadranan masing-masing pantai Krakal – Sarangan – Sadranan – Slili – Sundak – Ngandong – Indrayanti – Watulawang dan Pantai Pok Tunggal.

Menurut salah satu pemilik warung di Pantai Sadranan, Ibu Tarsi, Pantai Sadranan dibuka dan mulai ramai sejak 3 tahun terakhir ini.

Saat hari minggu ataupun hari libur pantai Sadranan dipadati pengunjung bahkan jalanan menuju lokasi pantai padat merayap.

Kios penjual ikan goreng berderet disepanjang jalan menuju pantai. Aromanya yang harum, gurih menusuk hidung membuat pengunjung pantai tergoda untuk membeli. Sebagian pengunjung membeli ikan goreng untuk disantap langsung dan dijadikan lauk sedangkan sebagian lainnya membeli ikan goreng untuk dijadikan oleh-oleh. Untuk seperempat ikan cucut goreng dan seperempat udang goreng dijual dengan harga sama yaitu 20ribu rupiah.

Memasuki gapura pantai Sadranan hamparan pasir putih kontras dengan warna air laut yang berwarna biru. Air lautnya yang jernih menarik minat banyak wisatawan lokal hingga manca negara untuk menyelam menikmati indahnya biota laut yang ada didalamnya.

Peralatan menyelampun disediakan disepanjang pantai dengan tarif sewa per orang 25ribu rupiah sedangkan untuk foto underwatter per orang 35ribu rupiah. Selain itu juga tersedia perahu kano yang disewakan dengan tarif 70ribu rupiah. Untuk satu perahu dapat digunakan untuk satu hingga tiga orang. Bagi yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir karena akan didampingi oleh petugas.

Yang menarik di Pantai Sadranan orang-orang yang menyewakan peralatan selam ternyata sigap membersihkan sampah yang berserakan ditepi pantai. Pantas saja meski berjubel pengunjung tetapi pantai ini selalu bersih terawat.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Patung Arjuna Wiwaha Icon Lain Kota Boyolali

Selain patung sapi, saat ini masyarakat Boyolali memiliki satu icon baru yang menjadi kebanggaan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *