Home / Wisata / Pantai Sodong Adipala

Pantai Sodong Adipala

Pantai Sodong, berada di  Dusun Sodong Desa Karangbenda Kecamatan  Adipala Kabupaten Cilacap. Dari Puskesmas Adipala belok kanan kerah Selatan kurang lebih 2km. Ada 2 lokasi pantai Sodong, satu pantai disebelah selatan, dari pertigaan penunjuk arah pantai lurus saja, sedangkan satu lokasi pantai di sebelah Barat dari pertigaan penunjuk arah belok kanan.

Serupa dengan Pantai Cemara Sewu dan pantai Kuwaru yang berada di  Bantul –  Yogyakarta, di area pantai Sodong juga dipenuhi dengan pohon cemara yang menjulang tinggi membuat suasana di seputar pantai tampak asri.

Antara satu pohon cemara dengan pohon cemara lain,  terikat kuat ayunan yang bisa digunakan untuk bersantai para pengunjung. Tapi jangan kaget ketika  sedang asyik duduk diatas ayunan,  tiba-tiba didatangi oleh bapak-bapak atau ibu-ibu yang minta uang sewa.

Peningkatan ekonomi dan peluang usaha tampak nyata diseputar  obyek wisata pantai Sodong.

Pantai Sodong Selatan

Di pantai Sodong bagian  Selatan,  penjual jajanan dan minuman,  penjual mainan hingga jasa persewaan ayunan dan rumah balon laris manis di padati pengunjung  terutama saat hari libur.

Seperti dituturkan oleh Atmo Miarjo, penjual mainan anak asal Desa Bunton Kecamatan Adipala, dirinya mengaku sudah berjualan mainan di seputar pantai Sodong Selatan  lebih dari 5 tahun,  “Sedinten kulo  damel kitiran  15, menawi dinten minggu nggih saged payu sedoyo”, tutur Miarjo dalam bahasa Jawa, yang artinya “Sehari saya membuat baling-baling 15 buah, kalau hari minggu ya bisa laku semua”.  Untuk satu buah “kitiran” (baling-baling yang terbuat dari bambu dan kertas)  dijual Miarjo seharga 5ribu rupiah.

Lain lagi dengan ibu Rina, asal Desa Karangbenda,  penjual pecel yang juga menyewakan ayunan. Rina mengaku kalau hari Minggu dirinya mampu mengantungi uang sebanyak 300ribu rupiah dari hasil menyewakan ayunan saja.  Untuk  satu buah ayunan disewakan dengan tarif 10ribu rupiah sepuasnya.

Selain itu,  pantai Sodong bagian Selatan kerap dijadikan tempat untuk penyelenggaraan event band lokal. Juga dijadikan tempat pertemuan komunitas,  seperti saat Minggu pagi (28/1) Komunitas Slankers Desa Cindaga Kecamatan Kebasen Kabupaten  Banyumas tengah berkumpul dan menunggu sesama komunitas Slankers  dari Cilacap. Menurut Doni Ketua Slankers Desa Cindaga  setidaknya akan ada 60 anggota yang berkumpul. Dipilihnya Pantai Sodong untuk berkumpul salah satunya karena tarif masuk ke pantai cukup murah,  hanya 3ribu rupiah dan sering ada event musik.

Pantai Sodong Barat

Dibagian ujung pantai Sodong Barat terdapat Gunung Selok yang nampak menyerupai tebing kapur.  Menurut salah satu petugas parkir,  di dalam Gunung Selok  terdapat  Goa Rahayu dan Goa Naga Raja. Pantai Sodong Barat mulai ramai saat 3 tahun terakhir sejak dibuka akses jalan baru dan kerap singgah di media sosial.

Di lokasi pantai Sodong Barat alternatif destinasi wisata lebih banyak.  Seperti perahu, kuda dan motor ATV.  Untuk kuda dan motor ATV disewakan dengan tarif 25ribu rupiah sedangkan perahu 10ribu rupiah per orang. (*ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri.
Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca.
Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Taman Kota Purbalingga Kini Tampil Keren dan Cocok Untuk Selfie

Ingin mencari lokasi untuk berfoto selfie yang berada di kota Purbalingga dengan biaya murah meriah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *