Home / Produk Unggulan Desa / Penolih : Keripik Kulit Singkok Renyah “Kusir”

Penolih : Keripik Kulit Singkok Renyah “Kusir”

Penolih-Kaligondang.  Keripik Kulit Singkong Renyah “Kusir”

Melihat potensi lokal di desanya yang merupakan daerah penghasil singkong, menginspirasi gadis berusia 24 tahun asal Desa Penolih Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah bernama Siska Intan Permatasari untuk memproduksi jajanan berbahan dasar kulit singkong.

keripik kusir penolih kaligondang

“Di Desa saya, singkong sangat melimpah dan banyak warga Desa Penolih yang memproduksi “ondol” jajanan berbahan dasar singkong. Sedangkan kulitnya tidak dimanfaatkan dan dibuang begitu saja.  Lalu saya browsing di internet dan menemukan, ternyata kulit singkong bisa dibuat makanan”, kata Siska.

Setelah itu, Siska mencoba membuat olahan makanan dengan bahan dasar kulit singkong dan ternyata keluarga serta teman  menyukai. Pada saat Expo di Unsoed  Siska mulai mencoba menjual olahan makanan yang diberi nama Keripik “Kusir” berasal dari kata ” Kulit Singkong Renyah”.

keripik kusir penolih5

Siska menjual Keripik “Kusir” melalui sosial media dengan akun “online murah purbalingga”  selain itu  Siska juga menjual produknya ke warung terdekat dan pabrik di Purbalingga.

Keripik “Kusir”  dijual dengan harga 1oribu rupiah untuk satu kemasan yang berisi 85 gram,  dan 12ribu  rupiah untuk satu kemasan berisi 100gram.   Keripik “Kusir” tersedia dalam dua varian yaitu rasa pedas dari level 1 sampai level 3 dan rasa original.

 

Untuk informasi pemesanan bisa menghubungi Nomor WA 083863788819 atau datang langsung ke alamat rumahnya di Desa Penolih Kecamatan Kaligondang Dukuh Penusupan Rt. 03, Rw. 09. (*ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Bupati Tasdi Resmikan BUMDES Kalikajar

Kalikajar -Purbalingga. Bupati Purbalingga, H. Tasdi,SH,MM Sabtu pagi (3/3) meresmikan Gedung Badan Usaha Milik Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *