Home / Event Purbalingga / Sukses Bazar Duku Kalikajar Akan Jadi Agenda Tahunan Festival Duku Kabupaten

Sukses Bazar Duku Kalikajar Akan Jadi Agenda Tahunan Festival Duku Kabupaten

Sukses Penyelenggaran Bazar Duku Kalikajar Kecamatan Kaligondang Sabtu pagi kemarin (3/3) akan dijadikan agenda tahunan Festival Duku Pemerintah Kabupaten Purbalingga, hal ini disampaikan oleh Bupati Purbalingga H. Tasdi, SH, MM saat memberikan sambutan pada acara peresmian BUMDES Kalika Mandiri, PKD dan Bazar Duku yang berlangsung di halaman Kantor Desa Kalikajar.

Kalau di Desa wisata Serang, Kecamatan Karangreja ada Festival Gunung Slamet (FGS), di Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon ada Festival Congot yang mengangkat potensi lokal bernuansa adat istiadat dan Desa Wisata maka di Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang akan ada Festival Duku Kalikajar, ungkap Bupati Tasdi.

Hal ini dimaksudkan sebagai ajang promosi potensi lokal utamanya duku yang diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya petani duku.

Sebagai apresiasi terhadap penyelenggaran kegiatan peresmian BUMDES Kalika Mandiri, PKD dan Bazar Duku, Bupati Purbalingga memberikan Bantuan Keuangan Khusus sebesar 200juta rupiah yang dapat digunakan untuk pengembangan potensi lokal Desa Kalikajar.

Bupati juga memborong duku Kalikajar sebanyak 3 kwintal yang akan dibawa ke Jakarta sebagai oleh-oleh sekaligus untuk mengenalkan duku Kalikajar sebagai icon kebanggaan Purbalingga kepada sejumlah Pejabat Pemerintah Pusat.

Selain itu Bupati menginstruksikan agar disetiap halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Purbalingga ditanami pohon duku sebagai ciri khas buah Purbalingga juga dikandungmaksud untuk melestarikan tanaman buah duku.

Disampaikan oleh Agus Cahyadi, S.Pt. Penyuluh Pertanian Wilayah Binaan Desa Kalikajar, sesaat setelah kegiatan usai, Duku Kalikajar telah mengantongi sertifikat prima 3 dari Otoritas Kompetensi Keamanan Pangan Daerah pada tahun 2016 lalu. Dan saat ini duku kalikajar dalam tahap pengujian untuk mendapatkan sertifikasi varietas.

“Sertivikasi varietas ini, untuk sertifikasi nama. Kalau lolos berarti varietas duku Kalikajar di akui keberadaan nya”, kata Agus.

Sertifikat Prima 3 merupakan pemberian sertifikat kepada pelaku usaha pangan hasil pertanian sebagai bukti pengakuan bahwa pelaku usaha pangan hasil pertanian tersebut telah memenuhi persyaratan dalam menerapkan sistem jaminan mutu pangan hasil pertanian untuk kategori aman dikonsumsi. (*ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Perencanaan Desa Partisipatif: wujud Kedaulatan rakyat

SLINGA- suatu kebahagiaan tersendiri ketika bisa ikut hadir bersama warga desa yg terdiri dari berbagai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *