Home / Kaligondang / Usulan Pembangunan Jalan Dominasi Musdes Perencanaan Desa Selakambang

Usulan Pembangunan Jalan Dominasi Musdes Perencanaan Desa Selakambang

Selakambang-Kaligondang.  Usulan pembangunan jalan masih mendominasi saat Musyawarah Desa (Musdes) Perencanaan Pembangunan Tahun 2018 Desa Selakambang Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah.

Hal ini lumrah, karena Desa Selakambang merupakan Desa dengan wilayah paling luas di Kecamatan Kaligondang. Dengan luas wilayah 609.078Ha yang terbagi atas 5 Dusun, 11 RW dan 53 Rt, belum seluruhnya memiliki akses jalan yang memadai.

Pembangunan jalan yang diusulkan saat Musdes perencanaan diantaranya Jalan tembus Dusun 2 Pecatutan, jalan pada ruas Rt 2, Rt 3 dan Rt 5 di Rw. 02, pembangunan jalan dusun 3 Rt. 05 Rw. 05 yang menghubungkan Desa Selakambang dengan Desa Pagerandong, rabat beton jalan watu kambang, pengaspalan jalan binangun, pengaspalan Dukuh Gembrungan, Pengerasan Jalan Teguh Widodo, serta rabat beton dusun 5 samping MTS.

Selain usulan pembangunan jalan, beberapa kegiatan yang diusulkan saat Musdes diantaranya pengadaan seperangkat alat kesenian thek-thek, bantuan permodalan untuk perajin gula kelapa, tukang kayu, tukang batu dan UMKM lainnya, usulan pembangunan gedung PAUD, pemberian makanan tambahan untuk posyandu dan posyandu lansia serta pengadaan ambulan Desa.

Sementara itu, pendamping Desa Kecamatan Kaligondang, Arif menyampaikan “Seluruh usulan kegiatan yang masuk akan direkap per bidang berdasarkan skala prioritas sesuai dengan kegiatan yang ada pada RPJMDes. Untuk selanjutnya disusun dalan Rencana Kegiatan Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2018 yang akan dibahas dalam Musrenbangdes”.

Sebagai tindak lanjut Musdes, Pemerintah Desa harus membentuk tim verifikasi yang bertugas untuk memverifikasi seluruh usulan yang masuk, kata Arif.  (*ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Petunjuk Pelaksanaan Pilkades (4) – Calon Kades dari Kades, Perangkat Desa atau PNS

Calon Kepala Desa dari Kepala Desa atau Perangkat Desa Kepala Desa yang akan mencalonkan diri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *