Home / lifestyle / 10 Kunci Sukses Meniti Karir

10 Kunci Sukses Meniti Karir

Seringkali bekerja ditempat yang kita inginkan atau kita cita-citakan nyatanya tidak menjadi realita dikehidupan kita. Setelah beberapa kali mencoba melamar pekerjaan ditempat yang kita inginkan,  sesuai passion kita ternya keberuntungan belum juga berpihak kepada kita.  Hingga akhirnya kita diterima bekerja ditempat yang sebetulnya tidak kita inginkan. Tidak kita inginkan karena kita merasa itu bukan bidang keahlian kita atau kita tidak punya pengalaman dan keterampilan yang cukup di tempat kita diterima bekerja.

Sukses dalam meniti karir bukan semata-mata menjadi milik mereka yang bekerja sesuai dengan passionnya tetapi kesuksesan juga bisa menjadi milik mereka yang bekerja ditempat yang bukan merupakan bidang keahliannya asalkan mau bekerja dengan sungguh-sunguh, tekun dan selalu bersikap positif.

Ilustrasi : Ketekunan dan tekad yang kuat akan mempermudah kita dalam belajar dan bekerja.

Bagaimana kiat sukses meniti karir  menskipun ditempat kerja yang tidak kita inginkan ?   Ini dia kuncinya:

  1. Jangan mudah putus asa. Apabila kita  merasa tidak mampu berkerja di tempat yang bukan bidang keahlian kita, tetaplah fokus untuk terus belajar.  Pelajari apa yang menjadi tugas pokok dan tanggung jawab kita dalam pekerjaan dengan tekun dan gigih. Ketekunan dan tekad yang kuat akan mempermudah kita dalam belajar dan bekerja.
  2. Terus asah keterampilan kita dalam bekerja dengan membuka diri untuk menerima masukan dari senior, ambil ilmu dan pengalaman dari mereka.
  3. Kerjakan dengan sepenuh hati. Upayakan dengan sebaik-baiknya apa yang menjadi tugas kita dalam bekerja  seperti halnya   Office99 smart and virtual office penyedia layanan virtual office yang  berkomitmen penuh untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada klien.  #office99
  4. Cintai pekerjaan yang kita kerjakan. Mencintai dan menikmati apa yang kita kerjakan serta menikmati lingkungan kerja juga menjadi faktor penting untuk kesuksesan kita dalam menjalankan pekerjaan dan meniti karir.
  5. Tingkatkan rasa percaya diri. Dengan kepercayaan diri, kita akan mampu mengambil berbagai peluang yang ada.  Jangan takut untuk memulai sesuatu yang baru. Seringkali potensi yang besar tidak muncul dan tidak terlihat karena kurangnya rasa percaya diri.
  6. Jangan menunda pekerjaan. Kebiasan  menunda pekerjaan untuk pekerjaan yang kita pandang remeh dan gampang akan berakibat pekerjaan menumpuk dan pada saat tertentu akan menjadi boomerang bagi kita karena harus kita selesaikan dalam waktu yang terbatas dan mendesak.  Jangan dibiasakan membuang-buang waktu percuma dengan menunda pekerjaan.
  7. Bekerja sama. Mau dan  mampu bekerjasama dengan rekan kerja juga menjadi salah satu faktor keberhasilan kita dalam bekerja. Upayakan untuk selalu membangun  koneksi yang baik da positif pada setiap kesempatan yang ada
  8. Tanggung jawab.  Kerjakan setiap tugas yang ada dengan penuh tanggung jawab sampai tuntas meskipun adakalanya untuk menyelesaikan sebuah tanggung jawab harus mengerjakan melampaui batas waktu jam kerja.
  9. Jangan pernah menyalahkan siapapun. Dalam pekerjaan ada kalanya kita mengalami kegagalan baik yang bersumber dari diri kita sendiri maupun karena orang lain.  Namun ketika kegagalan datang berhentilah untuk mencari-cari kesalahan orang lain, fokuslah untuk mencari solusi atas kegagalan dan permasalahan yang timbul. Lebih baik introspeksi dan cermati apa yang menjadi penyebab kegagalan agar tidak terulang dikemudian hari dan mampu  melakukan pekerjaan yang sama dengan lebih baik dan sukses dikemudian hari.
  10. Syukuri setiap keberhasilan kita. Sekecil apapun keberhasilan kita dalam bekerja tetaplah bersyukur. Karena bisa jadi sesuatu yang kecil buat kita, akan sangat bernilai dan berharga bagi orang lain.

Bekerja tidak hanya sekedar untuk  mencari penghasilan berupa uang tetapi  lebih dari itu bekerja juga sebagai aktualisasi diri. Untuk itu jangan hanya fokus pada berapa banyak  jumlah uang yang kita terima, tetapi fokuslah pada pengalaman yang akan didapat dan yang tak kalah pentingnya fokuslah untuk berbuat baik dan memberi manfaat di setiap kesempatan yang ada.

Teruslah berusaha dengan penuh semangat dan gembira hingga akhirnya kesuksesan menghampiri kita.

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Berkah dengan 47 Bank Sampah di Purbalingga

Konsep bank sampah merupakan salah satu penerapan Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (Mendaur ulang) …

2 comments

  1. Iya Mbak, terkait karir yang bukan passion. ada juga yang sukses dan berhasil, bergantung pada kita menyikapi dan menikmati prosesnya. mengeksplornya sesuai dengan yang kita sukai juga akan membuatnya semakin baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *