Home / Pelayanan Publik / 26 Contoh Program Inovatif Kota Bandung

26 Contoh Program Inovatif Kota Bandung

Dunia kini memasuki era revolusi indutri 4.0 atau era digital bahkan tahun 2018 disebut-sebut sebagai era awal menuju virtual reality. Hal ini tentunya menuntut Pemerintah untuk memberikan pelayan kepada masyarakat secara lebih cepat, tepat, hemat dengan memanfaatkan perangkat Teknologi Informasi.

Untuk itu diperlukan  kreatifitas Pemerintah dalam  menciptakan Program Inovatif  bagi kemudahan pelayanan publik.   Berikut ini contoh Program Inovatif yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bandung :

  1. Program MePeLing (Memberikan Pelayanan Keliling) yaitu upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat melalui Mobil yang dilengkapi dengan sarana berbasis IT untuk penerbitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil, diantaranya berupa rekam KTP El, Cetak KTP El, Cetak Kartu Identitas Anak (KIA) penerbitan Akta Kelahiran, Akta Kematian dll. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan dan Pencatatan Sipil, sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Dalam menjalankan program MePeLing ini, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung bekerjasama dengan kecamatan, sekolah-sekolah, mall, pasar tradisional dan tempat-tempat strategis Lainnya.

 

2. Elektronik Sistem Pendaftaran Antrian Via SMS (SPASI) yang bertujuan memberi kemudahan kepada masyarakat Kota Bandung untuk memperoleh informasi waktu pelayanan. Dengan adanya program ini maka akan tercipta tertibnya antrian di kantor Disdukcapil.

 

3.  Akta Braille ini sebagai pendamping/pelengkap Akta yang berlaku secara nasional dan berfungsi untuk membantu penyandang tuna netra membaca Akta Kelahirannya

4.  Mulai bulan Mei 2018 Dokumen Kependudukan Dikirim ke rumah warga melalui kurir secara gratis. Program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan jasa pengiriman akta kelahiran kepada Masyarakat/pemohon dokumen akta kelahiran, sehingga jumlah masyarakat/ pemohon yang hadir di Disdukcapil akan berkurang. Program ini dilaksanakan oleh Disdukcapil yang bekerjasama dengan PT Pos Indonesia dan Bank BJB

5.  e-SATRiA (Electronic Self Assesment Tax Reporting Apps) yaitu aplikasi pelaporan pajak online untuk Wajib Pajak Self Assesment, dimana Wajib Pajak dapat melaporkan Pajaknya tanpa harus datang ke kantor pajak daerah. Cukup mengakses aplikasi melakukan login, melaporkan pajaknya untuk kemudian mendapatkan nomor bayar, melakukan pembayaran dan proses selesai.

6. Sistem Informasi Pelayanan PBB (SIP PBB) Kebutuhan masyarakat terhadap ketersediaan dan kemudahan akses informasi dengan data-data PBB yang cepat, tepat dan akurat khususnya yang menyangkut informasi PBB. Dengan kemudahan akses terhadap informasi-informasi PBB, dapat berkorelasi terhadap penerimaan di sektor PBB, karena WP dapat dengan mudah mengetahui data tagihan PBB sehingga mempercepat proses pembayarannya, tanpa harus menunggu SPPT terlebih dahulu. Jumlah WP yang datang langsung ke tempat pelayanan PBB Disyanjak untuk mendapatkan pelayanan PBB berdasarkan data tahun 2013, 2014, 2015 dan tahun 2016 adalah sebanyak 105.147 WP. Dengan adanya perkembangan IT yang ada saat ini sangat dimungkinkan adanya pelayanan PBB secara online. Pelayanan PBB online yang diperlukan terutama terkait dengan kegiatan pendaftaran permohonan PBB secara online dan monitoring terhadap proses pelayanan tersebut.

7.  Sistem Elektronik Remunerasi Kinerja (E-RK) ialah suatu system penilaian kinerja yang dapat mengukur kinerja pegawai setiap bulan untuk dikonversikan kedalam tunjangan. Aplikasi E-RK diperlukan dalam rangka mengukur beban kerja pemangku jabatan setiap ASN di Lingkup Pemerintah Kota Bandung sebagai bentuk reward yang sebelumnya diberikan melalui Tunjangan Penhasilan Pegawai (TPP) yang diberlakukan sama untuk semua ASN. Namun melalui aplikasi E-RK pemberian Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) diberikan berdasarkan pengukuran kinerja sesuai dengan nilai jabatan dan kelas jabatan setiap pemangku jabatan sehingga reward yang diberikan yaitu berupa Tunjangan Kinerja Dinamis (TKD) sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 63 tahun 2011 tentang Pedoman Penataan Sistem Tunjangan Kinerja Pegawai Negeri pasal 1 (b),bahwa tunjangan kinerja dalam pelaksanaan reformasi birokrasi menggunakan prinsip equal pay for equal work, pemberian besara tunjangan kinerja sesuai dengan harga jabatan dan pencapaian kinerja.

8. Pembangunan Portal Informasi Kota Bandung sebagai Portal Resmi Kota Bandung bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam dan luar kota Bandung dalam mendapatkan Informasi seputar pemerintahan Kota Bandung. Melalui Portal ini, informasi Pemerintahan Kota Bandung dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

9. Repositori Aplikasi merupakan sebuah wadah untuk menampung dan mendistribusikan aplikasi-aplikasi e-government yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pemerintahan guna mendukung Smart City. Aplikasi-aplikasi ini dapat dimanfaatkan kembali oleh pemerintah daerah lain baik kota, kabupaten maupun provinsi. Dengan demikian pemerintah daerah tidak perlu mengeluarkan dana anggaran yang cukup besar untuk membangun sebuah aplikasi yang sebenarnya sudah ada di daerah lain.

10. SARING (Sok Atuh Laporkeun Informasi Negatif) merupakan sarana bagi masyarakat untuk melaporkan konten-konten internet negatif yang tidak sesuai dengan nilai-nilai etika, moral, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di NKRI. SARING merupakan upaya mendukung program TRUST+™ POSITIF dari Kementerian Komunikasi dan Informatika .

11. Integrasi Aplikasi merupakan proses menghubungkan aplikasi dengan tujuan menyederhanakan dan mengotomatisasi proses bisnis dengan penggunaan perangkat lunak dan prinsip-prinsip arsitektur sistem komputer untuk mengintegrasikan sekumpulan aplikasi.

12. SITARUNG Aplikasi database perencanaan, penataan, pemanfaatan ruang Kota Bandung, disajikan dalam format data spasial/peta, sehingga dapat memberikan informasi yang mudah dan bermanfaat bagi masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pihak lain yang berkepentingan dalam mencari informasi rencana Kota Bandung.

13. Bandung Smart Map, sebuah bentuk aplikasi konsep integrated geographical information dalam bentuk praktis map service application untuk membuat data spasial dapat diakses dan diolah tanpa batas untuk berbagai kebutuhan. Aplikasi smart map berbasis Geo-Database guna menunjang Managemen Data Kota Bandung, dimana data yang terkandung dalam Geo-Database telah siap digunakan untuk proses pelaksanaan operasionalisasi komponen kota pintar (Smart City) dalam hal perencanaan, pemantauan dan evaluasi sebagai tools (alat bantu) dalam manajemen pengelolaan kota. Aplikasi ini juga sebagai wadah berbagi/sharing data informasi spasial sehingga dapat dimanfaatkan bagi masyarakat, pemerintah, pengusaha dan kalangan swasta lainnya.

14. Perizinan cerdas yang dikembangkan oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) pada saat itu atau sekarang menjadi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), launching tanggal 28 Mei 2015 adalah layanan perizinan yang memanfaatkan teknologi dan informasi, guna mengurai birokrasi menjadi inovasi layanan. Wujud komitmen Pemerintah Kota Bandung dalam mewujudkan Bandung Kota cerdas merupakan langkah strategis guna mengurai permasalahan kota hari ini dan masa yang akan datang. HAY.U bandung! Merupakan Bagian dari konsep smart city yaitu sistem tata kelola kota berbasis pemanfaatan teknologi dan informasi. Aplikasi yang dibuat agar pelayanan kepada warga bisa maksimal dengan tujuan menghubungkan, memonitor, dan mengendalikan berbagai sumber daya dan potensi kota digunakan lebih efektif dan efisien.

15.  GAMPIL Gadget Aplication Mobile for Licence. Aplikasi pelayanan perizinan online berbasis mobile/smartphone, merupakan komplemen dari HAY.U bandung! Satu-satunya aplikasi Perizinan berbasis mobile/smartphone di Indonesia memberi kemudahan membuat perizinan. Asumsi bahwa smartphone dimiliki semua orang, sehingga memberi keadilan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat. Pada saat Launching aplikasi ini 25 Februari 2016, dihadiri Menteri Koperasi, karena bersamaan dengan penambahan dua layanan non perizinan untuk pelaku usaha mikro dan kecil di Kota Bandung untuk memulai usaha dengan mengajukan permohonan TDUM/TDUK dengan EMPAT syarat mudah: KTP dan Kartu Keluarga Kota Bandung, Surat Pernyataan melakukan usaha, serta Foto Lokasi Usaha. Dengan tujuan memberikan pelayanan pada masyarakat pengguna perizinan agar lebih mudah lagi mendapatkan pelayanan perizinan. Aplikasi GAMPIL ini dapat digunakan untuk keseluruhan permohonan perizinan.

16.  Aplikasi BIMMA (Bandung Integrated Manpower Management Application). Program ini bertujuan untuk mempermudah penyampaian informasi ketenagakerjaan kepada masyarakat dan pengguna tenaga kerja (perusahaan).
Pembinaan dan Pengembangan produk ekspor melalui website littlebandung,co.id. Program ini bertujuan untuk mempromosikan dan melaksanakan misi dagang produk UKM Kota Bandung dengan sasaran Pengusaha Kota Bandung. Dengan adanya program ini diharapkan Pelaku usaha Kota Bandung terdaftar buku Little Bandung.

17.  LAYAD RAWAT Kesehatan merupakan hak dasar bagi semua. Kelompok masyarakat khusus seperti masyarakat miskin, terpencil, dan yang sedang sakit sangat rentan bagi mereka tidak mendapatkan pelayanan dan pengetahuan kesehatan yang memadai. Program Layad Rawat dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bersifat prefentif, promotif, maupun kuratif (pelayanan kesehatan dasar) bagi kelompok masyarakat tersebut di wilayah binaan Puskesmas di Kota Bandung. Kegiatan ini didukung dengan aplikasi IMPILO berbasis online.

18.  KEKASIH Layanan pemberian pengetahuan dan konsultasi (konseling) kesehatan kepada masyarakat. Manfaat dari Inovasi yaitu untuk Meningkatkan pengetahuan kesehatan masyarakat dan individu/diri dan Menangkap masalah kesehatan dan aspirasi bidang kesehatan di masyarakat.

19.  E-Parkir merupakan alat pembayaran parkir secara non tunai yang di berlakukan pada badan jalan, dengan adanya sistem tersebut diharapkan parkir-parkir liar dan kebocoran dalam penerimaan retribusi dapat teratasi.

20.  Bike Sharing merupakan salah satu program Pemerintah Kota Bandung untuk menekan penggunaan kendaraan pribadi dan kota ramah lingkungan yang ditujukan terhadap perjalanan jarak dekat dan sebagai feeder kepada angkutan massal.

21.  ATCS (Area Traffic Control Sistem) merupakan suatu sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi dengan mengintegrasikan Alat pemberi isyarat lalu lintas (Apill) kepada ruang kontrol serta sistem tranportasi lainnya dan Menyediakan data berupa video kondisi lalu lintas di persimpangan melalui CCTV secara real time.

22. Aplikasi Moovit merupakan suatu sistem yang terintegrasi dengan GPS yang terpasang pada angkutan umum sehingga pengguna dapat mengetahui lokasi angkutan umum yang akan digunakan.

23. BANDROS (Bandung Tour on Bus) merupakan angkutan wisata yang disediakan oleh Pemerintah Kota Bandung untuk Wisatawan maupun masyarakat Kota Bandung dengan rute yang telah ditentukan, sehingga dapat dijadikan moda transportasi alternatif .

24. Tongsis (Toong Siswa) merupakan aplikasi untuk memonitoring perkembangan, data dan keadaan peserta didik oleh orang tua.
Cekas merupakan aplikasi untuk memasukkan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah serta Realisasi Belanja untuk keperluan monitoring dan evaluasi.

25. DAPODIK, Merupakan aplikasi Online yang dapat diakses untuk memasukan dan mengolah data, baik data peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan dan juga profil sekolah, dan untuk menampilkan data terbuka bagi masyarakat mengenai profil Pendidikan di Kota Bandung.

26. Call center 113 : Merupakan program melayani seluruh pengaduan masyarakat Kota Bandung terkait kebencanaan/kebakaran 24 jam, rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2018. SIJABUNG/RFC (Rescue and Fire Call) Mobile Aplikasi Laporan Kebakaran Publik bertujuan untuk melayani panggilan darurat untuk laporan kebakaran dan bencana.

 

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Setelah Melalui Proses Berliku Akhirnya Radio Lentera FM Resmi Mengantongi Izin

Setelah melalui proses yang panjang dan berliku, akhirnya Radio Lentera FM yang beralamat di Jalan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *