Home / Berita / PerpuSeru Program CCFI dan Perpusda Purbalingga

PerpuSeru Program CCFI dan Perpusda Purbalingga

Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Purbalingga yang beralamat di Jl. Dipokusumo sudah dua tahun ini mendapat suport program PerpuSeru dari Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI). Tahun 2016 lalu dengan melaksanakan kegiatan pelatihan stategi pengembangan perpustakaan dan pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang pelaksanaannya dipusatkan  di Kabupaten, serta bantuan 4 unit komputer.

coca-cola-foundation

Keterangan Foto : Tim CCFI dan Perpusda Kabupaten Purbalingga berfoto besama dengan Pengurus TBM Sinar Cerah Desa Prigri saat Monitoring Kegiatan Pelatihan Pembuatan Kue Kering

Sedangkan untuk tahun 2017 ini, pelaksanaan kegiatan dilakukan di 6 Perpusdes yaitu TBM Sinar Cerah Desa Prigi Kecamatan Padamara, Perpusdes Lentera Ilmu Desa Gembong Kecamatan Bojongsari, Iqra Desa Lamuk Kecamatan Kejobong,  Kuda Pustaka Desa Serang Kecamatan Karangreja, Perpusdes Pelita Desa Muntang Kecamatan Kemangkon dan di Perpusdes Al Islah Desa  Kalitinggar Kecamatan Padamara.

Kegiatan peningkatan kapasitas SDM yang dilaksanakan berupa pelatihan komputer tingkat dasar, pelatihan pembuatan blog, pelatihan pembuatan hantaran, pembuatan roti kering, pengolahan kacang asin, pembuatan souvenir dari rajut dan manik-manik, serta pelatihan pengolahan limbah plastik menjadi aneka macam kerajinan. Dengan peserta warga sekitar masing masing Perpusdes

 

Selain berbagai macam kegiatan pelatihan yang dimulai sejak satu minggu lalu,CCFI juga memberikan bantuan berupa 3 unit komputer, 1 buah UPS dan 1 buah router bagi 6 Perpustakaan Desa yang menjadi sasaran pendampingan pengembangan perpustakaan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Purbalingga.

Sementara itu, pada kesempatan monitoring kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Purbalingga bersama dengan CCFI, Sabtu 15 April 2017, Kepala Seksi Pengelolaan  Bahan Pustaka Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Purbalingga, Makhmudah menyampaikan “Dengan kegiatan yang melibatkan masyarakat semacam ini, kami berharap dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di lingkungan sekitar perpustakaan Desa dan minat baca serta kunjungan ke perpustakaan Desa semakin meningkat karena mereka bisa mencari referensi untuk mengembangkan keterampilan yang sudah diajarkan pada kesempatan ini”, ungkap Makhmudah.

ccfi2

Keterangan Foto : Sebagian peserta pelatihan membuat hantaran di Kuda Pustaka Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga berfoto bersama Tim CCFI dan Perpusda Kabupaten Purbalingga.

Sedangkan Koordinator Program Regional 2 (Jawa Tengah, DIY, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan) CCFI, Niklah Dina Nomida menyampaikan, “Kami merasa senang bekerjasama dengan Kabupaten Purbalingga karena komitmen dan dukungan dari Kepala Daerah sangat tinggi, selain itu PIC 1 kami disini ibu Makhmudah juga Semangatnya tinggi, meskipun hari minggu dan hari libur, beliau tetap datang untuk memantau dan pendampingan pelaksanaan kegiatan, disamping itu animo masyarakat untuk ikut pelatihan juga tinggi”, ungkap Dina.

ccfi

Keterangan Foto : Koordinator Program Regional 2 CCFI, Niklah Dina Nomida tengah melihat-lihat koleksi buku yang ada di TBM Sinar Cerah Desa Prigri, Padamara, Purbalingga.

KedepanCCFI berharap Perpustakaan Daerah Kabupaten Purbalingga akan memasukkan rencana replikasi program PerpuSeru di perpusdes lainnya dengan dukungan anggaran dari APBD.

(*Ibar)

About Baryati Kusnadi

Tertarik untuk membuat catatan disetiap perjalanan yang bisa digunakan sebagai pengingat diri sendiri. Dan semoga bisa memberi manfaat buat yang membaca. Buat obyek yang ditulis semoga bisa memberi dampak positif.

Check Also

Memasuki Tahun Politik Waspadai Berita Hoax

Memasuki tahun politik dan semakin dekatnya pemilihan umum untuk memilih presiden dan wakil presiden serta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *