Home / Kuliner / Bakal Wisata Darimu Desa Bokol Semakin Memukau

Bakal Wisata Darimu Desa Bokol Semakin Memukau

Keberadaan Bakal Wisata Darimu yang berlokasi di Desa Bokol Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah kini semakin eksis dan memukau. Berawal dari kecintaannya terhadap seni dan lingkungan membuat Dwi Nugroho membuka Bakal Wisata Darimu empat tahun lalu.

Meski lokasinya tidak berada dipinggir jalan raya namun sejak didirikan hingga kini Bakal Wisata Darimu kerap dikunjungi wisatawan bahkan diantaranya pernah dikunjungi wisatawan asal Belanda.

Beragam aktivitas dan kreatifitas seni dilakukan di sanggar ini. Mulai dari melukis, menari, menyanyi, membuat kerajinan dari barang bekas. Bahkan kini Bakal Wisata Darimu dilengkapi dengan panggung seni yang dilengkapi dengan seperangkat gamelan dan tata tempat serta dekorasi baru yang tetap menonjolkan kesan alami.

Selain sebagai ajang kreatifitas dan seni “Darimu” juga merupakan salah satu tempat alternatif untuk berwisata kuliner di Kabupaten Purbalingga. Menyuguhkan makanan dengan menu masakan tradisional seperti sayur jantung pisang, tumis genjer, sayur daun lompong, ayam goreng, lele goreng, tempe dan tahu goreng. Sedangkan untuk minuman tersedia kelapa muda dan wedang badheg (air nira kelapa).

Salah seorang pengunjung yang tengah menikmati hidangan bersama keluarga dan kawan-kawan alumni sekolah, Ines menuturkan, tempatnya asyik, jauh dari keramaian, berada di tengah sawah jadi terasa fresh. Makanannya juga enak, menu masakan rumahan dengan bumbu yang pas terasa nikmat dimakan beramai-ramai dengan suasana pedesaan. “mungkin kedepan bisa ditambahkan kolam pancingan. Jadi pengunjung yang datang bisa memancing sendiri untuk menu masakan yang akan dipesan”, ujar Ines.

Senada dengan Ines, Yanti yang saat itu tengah berkunjung di “Darimu” mengatakan, menyenangkan berkunjung ke Sanggar Darimu. “Kami datang untuk arisan alumni, sambil menunggu pesanan makanan datang, kami bisa berfoto-foto dulu, banyak tempat yang bisa dijadikan spot foto menarik disini”, kata Yanti.

Sanggar Darimu juga bisa dijadikan tempat outbond bagi anak-anak dengan paket aneka permainan tradisional dan belajar bercocok tanam.

Selengkapnya dijelaskan oleh Dwi Nugroho saat dikonfirmasi melalui WA, “Dengan realisasi progam Tata Tempat di DARIMU, BAKAL WISATA DARIMU menawarkan kepada Anda paket wisata “SEBOMBONGE”. Fasilitas dalam paket ini antara lain : Home Stay Sawah, Edukasi ( musik gamelan, workshop melukis, sablon manual/cukil kayu, workshop menari, workshop memasak dll), Kuliner Tradisional (4 X makan dan medang), Photo sesion, Susur Desa, Bermain (Pancingan, tangkap belut, egrangan dll), Merchandise / Kenang-Kenangan( t-shirt/kaos, grabah tradisional). Harga paket 1 X 24 jam 400.000 per orang. Harga bisa nego dan kondisional”, kata Dwi.

(*ibar)

About Bude Ibar

Check Also

Nikmatnya Opor Ayam Kampung Ninine

Meski lokasinya terbilang cukup jauh dari pusat kota, namun Warung Ninine selalu ramai pengunjung. Berada …

One comment

  1. Zuraida Triwahyanti

    Gari yanti kr ines lakone,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *